-->

Kisah Sahabat Rasulullah SAW Yang Menahan Lapar Semalaman Karena Menghormati Tamu

Seorang telah datang menemui Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Sallam dan telah menceritakan kepada beliau tentang kelaparan yang dialaminya. Kebetulan ketika itu beliau tidak mempunyai makanan suatu apa pun pada dirinya maupun di rumahnya sendiri untuk diberikan kepada orang itu.

Beliau kemudian bertanya kepada para sahabat, "Adakah di antara kamu yang sanggup melayani orang ini sebagai tamunya pada malam ini bagiku ?"

Seorang dari kaum Anshar telah menyahut, "Wahai Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Sallam, saya sanggup melakukan seperti kehendak tuan itu."

Orang Anshar itu pun telah membawa orang tadi ke rumahnya dan menerangkan pula kepada isterinya seraya berkata, "Lihatlah bahwa orang ini ialah tamu Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Sallam. Kita semestinya melayaninya dengan sebaik-baik pelayanan sesuai dengan segala kesanggupan kita dan ketika melakukan demikian itu janganlah kita tinggalkan sesuatu makanan pun yang ada di rumah kita."

Kisah Lainnya: Kisah Panglima Perang Terbaik


Lalu isterinya menjawab, "Demi Allah! Sebenarnya daku tidak ada menyimpan sebarang makanan pun, yang ada cuma sedikit, itu hanya mencukupi untuk makanan anak-anak kita di rumah ini ?"

Orang Anshar itu pun berkata, "Kalau begitu engkau tidurkanlah mereka dahulu (anak-anaknya) tanpa memberi makanan kepada mereka. Apabila saya duduk berbual-bual dengan tetamu ini di samping jamuan makan yang sedikit ini, dan apabila kami mulai makan engkau padamlah lampu itu, sambil berpura-pura hendak membetulkannya kembali supaya tamu itu tidak akan mengetahui bahwa saya tidak makan bersama-samanya. "

Rancangan itu telah berjalan dengan lancarnya dan seluruh keluarga tersebut termasuk kanak-kanak itu sendiri terpaksa menahan lapar semata-mata untuk membolehkan tamu itu makan hingga kenyang. Dengan adanya peristiwa itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman,

"Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri,
sekalipun mereka berada dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara
dari kekikiran darinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung"
(Al-Qur’an Al-Karim Surah Al-Hasyr [ 59] : ayat 9)

Kisah Lainnya: Sosok Sahabat Yang Mencambuk Rasulullah



0 Response to "Kisah Sahabat Rasulullah SAW Yang Menahan Lapar Semalaman Karena Menghormati Tamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel