Gagal Itu Penting

GAGAL ITU PENTING DAN PERLU

98% Sukses dibentuk oleh kegagalan dan kesalahan (Seichiro Honda)

Apabila saat ini anda sedang mengalami musibah,bencana  yang sangat luar biasa dan jauh dari perkiraan anda,anda mungkin akan merasa gagal dalam hidup dan akan mengutuk semuanya yang ada didepan anda. Hari esok gelap sekali serasa mirip matinya listrik PLN diseluruh kota di Sumatra dan kalimantan. Dan apakah anda saat ini juga baru saja lulus dari perguruan tinggi yang statusnya entah disamakan /terakreditasi ” A ” atau entah berantah tak terdengar statusnya samasekali kemudian anda dengan semangat juang yang tinggi melamar pekerjaan kesana kemari dengan minta gaji yang tinggi,maka janganlah bermimpi untuk mendapatkanya.

Namun  putus asa dan bunuh diri bukanlah pilihan satu-satunya. Anda juga tidak harus ikut-ikutan menjadi peminta-minta pekerjaan dijalanan. Menangis  dan menggerutu atau berdemonstrasi,bikin onar juga bukan pilihan yang dianjurkan. Masih sangat banyak pilihan lain yang dapat anda lakukan  untuk menyiasati situasi sulit,baik sebagai sales,pencari kerja,pengusaha atau apapun itu. Dan untuk mendapatan hal terbaik anda harus menghindar diri dari jebakan- jebakan perasaan gagal. Bagaimana caranya anda harus merubah  persepsi dan sikap yang tepat mengenai makna kegagalan? ,merubah kegagalan menjadi peluang,merubah imposibel menjadi I’m possibel (enteng aja kalo ngomong  he he he)

Baca Juga: Mutiara yang di ambil malaikat Jibril



Kegagalan itu penting jika kita memiliki persepsi dan sikap yang tepat mengenai kegagalan. Kekeliruan terbesar yang membuat kita sulit bangkit  dari kegagalan adalah pandangan yang salah kaprah dan asumsi yang menyesatkan jiwa. Banyak orang berpikir bahwa orang- orang yang berhasil adalah mereka yang selalu berhasil dan orang yang mengalami kegagalan tidak mungkin berhasil. Orang belum bisa dikatakan gagal sebelum ia berhenti berusaha.Bahkan bila ia memutuskan berhenti berusaha,tetapi kemudian kembali melakukan tindakan -tindakan nyata untuk mencapai apapun yang dicita-citakan ia masih mungkin akan berhasil.

Seorang marketing yang belum berhasil menjual produk kepada prospeknya pada kunjungan kesepuluh atau seorang distributor MLM yang belum berhasil merekrut calon downline-nya setelah berusaha selama  1 tahun lebih atau seorang pencari kerja yang belum diterima oleh 100 perusahaan yang dilamarnya,belum dapat dikatakan  gagal kecuali ia memutuskan berhenti berusaha.

   Pertama:Persepsi dan sikap mengenai kegagalan adalah bahwa anda belum gagal sebelum memutuskan untuk berhenti berusaha.


Baca Juga: Kisah Sumur Utsman Bin Affan


Seperti contoh pendiri KFC Colonel Sanders ia telah ditolak 1009 kali ketika menawarkan ide menjual ayam goreng dengan resep khusus. Atau yang lebih tragis lagi yang pernah dimuat dalam true story di salah satu majalah tanah air yaitu Bpk Zaenal Arifin seorang mantan guru SMP  yang diawal- awalnya berbisnis keripik singkong di kota Magelang dan telah tiga kali berturut -turut bangkrut total kemudian ia pindah ke Jakarta memulai dari nol lagi dan kemudian  berkembang sampai bisa eksport ke Belanda,Jerman,Australia dan singapura tetapi waktu berkata lain tiba- tiba pabrik nya terbakar musnah, semua rata dengan tanah,bahkan bapak Zainal harus mengganti kerugian rumah tetangganya yang ikut terbakar. Ia pun mengungsi ke pondok gede,dan ia bangkit kembali serta mampu melunasi hutang- hutangnya akibat musibah  yang dialami


Baca Juga: Kisah Raja Sombong dan Seorang Pengemis



Kedua Kegagalan tidak mampu menghancurkan gairah hidup jika kita yakin masih ada hari esok? Belajar dari perjalanan Bpk Kuntoro Mangkusubroto (sekarang menjabat ketua BRR Aceh). Ketika masih menjabat sebagai salah  seorang Dirjen Pertambangan dan Energi ia dipecat oeh Menteri IB Sujana karena kasus Busang. Namun karena ia dikenal orang yang bersih maka Bpk Kuntoro kemudian dipilih menggantikan orang yang memecatnya untuk menjadi menteri

Semua itu menunjukan  secara tegas bahwa selama kita yakin masih ada hari esok maka kegagalan,musibah, kesulitan, problema apapun tidak akan mampu mengikis  habis motivasi dan semangat juang kita untuk bangkit

Ketiga Kegagalan juga tidak akan membuat kita kehilangan motivasi dan semangat untuk berkarya

Sama  seperti seorang penembak jitu memerlukan masukan  negative yang membuat nya tahu bahwa arah senjatanya belum tepat dengan sasaran tembaknya. Dan ia perlu teropong khusus untuk memberikan umpan balik dan kemudian mengatur arah laras senjatanya agar terfokus pada sasaran tembakan . Apalagi jika jarak tembak cukup jauh sementara obyek sasaran tembak relative kecil. Ia mungkin perlu waktu lebih lama  dan alat yang canggih . Masukan negative(kegagalan) merupakan bagian  yang dapat membawanya kepada keberhasilan. Seperti dikisahkan oleh  Bpk Ade Padillah seorang pelukis ketika menitipkan lukisannya di salah satu mall karawaci harus menerima  kenyataan yang pahit lukisanya musnah telah menjadi abu karena adanya kerusuhan. Dan ia menanggung hutang  dari proses pembuatan lukisanya.Tetapi kemudian ia bangkit dan merubah haluan  membuat aneka ragam kotak tempat kado untuk melayani pesanan konter-konter dengan   melalui hutangan,tetapi ia tetap semangat dan mendirikan sebuah perusahaan dengan nama Roo’ts.


Baca Juga: Kisah Abu Hasyim dan Malaikat


Keempat Kegagalan perlu disikapi dengan selera humor yang tinggi

Tertawalah karena mungkin  selama ini kita terlalu mengandalkan motivasi eksternal (gaji,fasilitas,mobil,rumah) dan kurang mengandalkan motivasi internal (tanggungjawab,keinginan berkembang, ibadah). Tertawakanlah cara hidup kita yang mungkin boros dan suka berhutang

So masih banyak cerita lagi orang orang yang sukses bangkit dari kegagagalan dalam kehidupanya ,jadi siapa bilang kegagalan itu berarti kiamat,kegagalan itu justru penting agar kita selamat.OK siap siap bangkit dan berjuanglah saudaraku mari kita bangun diri kita dan negeri ini.

0 Response to "Gagal Itu Penting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel